Pembuatan Keputusan merupakan bagian kunci kegiatan:
• Eksekutif
• Manajer
• Karyawan
• Setiap manusia dalam kehidupannya
Proses bisnis yang diterjemahkan sistem informasi pada prinsipnya mengandung unsur pemilihan alternatif keputusan management dalam suatu organisasi/perusahaan
Sistem pendukung keputusan merupakan aplikasi terkomputerisasi yang membantu pihak management dalam mengambil keputusan
Tipe-tipe keputusan
• Keputusan terprogram (struktur)
Dibuat menurut kebiasaan, aturan, prosedur; tertulis maupun tidak
Bersifat rutin, berulang-ulang
Mis. Keputusan dlm transaksi penjualan, pemesanan barang, memproduksi jenis barang, dll
• Keputusan tak terprogram (tidak terstruktur)
Mengenai masalah khusus, khas, tidak biasa
Kebijakan yang ada belum menjawab
Mis. Pengalokasian sumber daya
Teknik Keputusan Terprogram
• Tradisional
Kebiasaan
Mengikuti prosedur baku
Saluran informasi disusun dengan baik
• Modern
Menggunakan teknik “operation research”:
Formula matematika
Simulasi komputer
Berdasarkan pengolahan data berbantuk komputer
• Tradisional
Kebijakan intuisi berdasarkan kreativitas
Coba-coba
Seleksi dan latihan para pelaksana
• Modern
Teknik pemecahan masalah yang diterapkan pada :
- Latihan pembuatan keputusan
- Penyusunan program komputer empiris
Proses pembuatan keputusan
• Pemahaman dan perumusan masalah
Identifikasi gejala yang muncul
Cari penyebabnya/masalah utama
Cari bagian-bagian yang perlu dipecahkan
Pergunakan analisis sebab-akibat
• Pengumpulan dan analisis data yang relevan
Menentukan data yang relevan
Mengumpulkan data
Mencari pola dari data yang terkumpul
• Pengembangan alternatif-alternatif
Berdasarkan data, disusun beberapa alternatif
Untuk setiap alternatif susun pro & kontra, konsekuensi, resiko
Semua alternatif harus feasible
• Evaluasi Alternatif-alternatif
Nilai efektivitas dari setiap alternatif, tolok ukur
Realistik bila dihubungkan dengan tujuan & sumber daya organisasi
Seberapa jauh memecahkan masalah
• Pemilihan alternatif terbaik
Berdasarkan alternatif, alternatif terbaik dipilih atau pilih kompromi dari beberapa alternatif
• Implementasi keputusan
Susun rencana untuk menerapkan keputusan
• Disiapkan mekanisme laporan periodik
Bila perlu bangun sistem peringatan dini
• Evaluasi hasil keputusan
DEFINISI
SPK merupakan suatu sistem berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan dalam memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur, yaitu pencarian solusi yang melibatkan intuisi manusia dalam membuat keputusan.
Karakteristik Dan Nilai Guna
• membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur ataupun tidak terstruktur.
• SPK mengkombinasikan penggunaan model-model analisis dengan teknik pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari/interogasi informasi.
• dapat digunakan/dioperasikan dengan mudah oleh orang-orang yang tidak memiliki dasar kemampuan pengoperasian komputer yang tinggi
• menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi.
Keuntungan SPK
• penghematan waktu untuk memecahkan masalah sangat kompleks dan tidak terstruktur.
• menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan.
• Walaupun suatu SPK, mungkin saja tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pengambil keputusan, namun ia dapat menjadi stimulan bagi pengambil keputusan dalam memahami persoalannya.
• SPK dapat menyediakan bukti tambahan untuk memberikan pembenaran sehingga dapat memperkuat posisi pengambil keputusan.
Keterbatasan SPK
• Ada beberapa kemampuan manajemen dan bakat manusia yang tidak dapat dimodelkan
• Kemampuan suatu SPK terbatas pada pembendaharaan pengetahuan yang dimilikinya (pengetahuan dasar serta model dasar).
• Proses-proses yang dapat dilakukan SPK biasanya tergantung juga pada kemampuan perangkat lunak yang digunakannya.
• SPK tidak memiliki kemampuan intuisi seperti yang dimiliki manusia.
Komponen-Komponen DSS
• Subsistem Manajemen basis data (Data Base Management Subsystem)
• Subsistem manajemen basis model (Model Base Management Subsystem)
• Subsistem perangkat lunak penyelenggara dialog (Dialog Generation and
SUMMARY
• Tipe keputusan dibagi menjadi 3 : terstruktur, tidak terstruktur, semi terstruktur
• SPK merupakan suatu sistem berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan dalam memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur, yaitu pencarian solusi yang melibatkan intuisi manusia dalam membuat keputusan.
• Komponen SPK meliputi : subsistem data, subsistem model, dan subsistem dialog
• Eksekutif
• Manajer
• Karyawan
• Setiap manusia dalam kehidupannya
Proses bisnis yang diterjemahkan sistem informasi pada prinsipnya mengandung unsur pemilihan alternatif keputusan management dalam suatu organisasi/perusahaan
Sistem pendukung keputusan merupakan aplikasi terkomputerisasi yang membantu pihak management dalam mengambil keputusan
Tipe-tipe keputusan
• Keputusan terprogram (struktur)
Dibuat menurut kebiasaan, aturan, prosedur; tertulis maupun tidak
Bersifat rutin, berulang-ulang
Mis. Keputusan dlm transaksi penjualan, pemesanan barang, memproduksi jenis barang, dll
• Keputusan tak terprogram (tidak terstruktur)
Mengenai masalah khusus, khas, tidak biasa
Kebijakan yang ada belum menjawab
Mis. Pengalokasian sumber daya
Teknik Keputusan Terprogram
• Tradisional
Kebiasaan
Mengikuti prosedur baku
Saluran informasi disusun dengan baik
• Modern
Menggunakan teknik “operation research”:
Formula matematika
Simulasi komputer
Berdasarkan pengolahan data berbantuk komputer
• Tradisional
Kebijakan intuisi berdasarkan kreativitas
Coba-coba
Seleksi dan latihan para pelaksana
• Modern
Teknik pemecahan masalah yang diterapkan pada :
- Latihan pembuatan keputusan
- Penyusunan program komputer empiris
Proses pembuatan keputusan
• Pemahaman dan perumusan masalah
Identifikasi gejala yang muncul
Cari penyebabnya/masalah utama
Cari bagian-bagian yang perlu dipecahkan
Pergunakan analisis sebab-akibat
• Pengumpulan dan analisis data yang relevan
Menentukan data yang relevan
Mengumpulkan data
Mencari pola dari data yang terkumpul
• Pengembangan alternatif-alternatif
Berdasarkan data, disusun beberapa alternatif
Untuk setiap alternatif susun pro & kontra, konsekuensi, resiko
Semua alternatif harus feasible
• Evaluasi Alternatif-alternatif
Nilai efektivitas dari setiap alternatif, tolok ukur
Realistik bila dihubungkan dengan tujuan & sumber daya organisasi
Seberapa jauh memecahkan masalah
• Pemilihan alternatif terbaik
Berdasarkan alternatif, alternatif terbaik dipilih atau pilih kompromi dari beberapa alternatif
• Implementasi keputusan
Susun rencana untuk menerapkan keputusan
• Disiapkan mekanisme laporan periodik
Bila perlu bangun sistem peringatan dini
• Evaluasi hasil keputusan
DEFINISI
SPK merupakan suatu sistem berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan dalam memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur, yaitu pencarian solusi yang melibatkan intuisi manusia dalam membuat keputusan.
Karakteristik Dan Nilai Guna
• membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur ataupun tidak terstruktur.
• SPK mengkombinasikan penggunaan model-model analisis dengan teknik pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari/interogasi informasi.
• dapat digunakan/dioperasikan dengan mudah oleh orang-orang yang tidak memiliki dasar kemampuan pengoperasian komputer yang tinggi
• menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi.
Keuntungan SPK
• penghematan waktu untuk memecahkan masalah sangat kompleks dan tidak terstruktur.
• menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan.
• Walaupun suatu SPK, mungkin saja tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pengambil keputusan, namun ia dapat menjadi stimulan bagi pengambil keputusan dalam memahami persoalannya.
• SPK dapat menyediakan bukti tambahan untuk memberikan pembenaran sehingga dapat memperkuat posisi pengambil keputusan.
Keterbatasan SPK
• Ada beberapa kemampuan manajemen dan bakat manusia yang tidak dapat dimodelkan
• Kemampuan suatu SPK terbatas pada pembendaharaan pengetahuan yang dimilikinya (pengetahuan dasar serta model dasar).
• Proses-proses yang dapat dilakukan SPK biasanya tergantung juga pada kemampuan perangkat lunak yang digunakannya.
• SPK tidak memiliki kemampuan intuisi seperti yang dimiliki manusia.
Komponen-Komponen DSS
• Subsistem Manajemen basis data (Data Base Management Subsystem)
• Subsistem manajemen basis model (Model Base Management Subsystem)
• Subsistem perangkat lunak penyelenggara dialog (Dialog Generation and
SUMMARY
• Tipe keputusan dibagi menjadi 3 : terstruktur, tidak terstruktur, semi terstruktur
• SPK merupakan suatu sistem berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan dalam memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur, yaitu pencarian solusi yang melibatkan intuisi manusia dalam membuat keputusan.
• Komponen SPK meliputi : subsistem data, subsistem model, dan subsistem dialog
Tidak ada komentar:
Posting Komentar